Powered by Blogger.

Avenged Sevenfold-Dear God

Dampak Baik & Buruk Mengunyah Permen Karet

Permen karet memang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari hari dan digemari banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Tapi tahukah anda permen karet memiliki sisi baik dan buruk bagi kesehatan tubuh kita. Saya akan menjelaskan apa saja sisi baik dan buruk apabila kita mengkonsumsi permen karet.
Hasil gambar untuk dampak permen karet
Sisi Baiknya:
1.Menghilangkan bakteri
Menurut penelitian di Belanda, mengunyah sepotong permen karet dalam waktu 30 detik sampai 10 menit bisa menghilangkan sekitar 100 juta bakteri. Tapi, sebaiknya permen karet yang dikunyah adalah yang bebas gula alias sugar free. Karena kalo ada gulanya, itu malah bisa menambah bakteri pada mulut.
2.Menghilangkan bau mulut
Mengunyah permen karet juga bisa membantu mengurangi bau mulut, karena saat mengunyah permen karet, produksi air liur meningkat. Air liur sendiri mengandung zat antibakteri yang bisa melawan bakteri dalam rongga mulut. Tapi, mengunyah permen karet jangan kamu jadikan pengganti kebiasaan sikat gigi, ya, sob.
3.Membuat gigi lebih putih
Kebiasaan mengunyah permen karet bisa menghilangkan noda pada gigi. Itu karena mengunyah permen karet bisa menjangkau sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi atau pun benang gigi, sehingga gigi bisa tampak lebih bersih.
4.Memperbaiki pencernaan
Ketika mengunyah permen karet setelah makan, daya gerak usus akan meningkat, air liur yang diproduksi setelah makan juga bisa menjaga tingkat keasaman lambung, sehingga aktivitas ini bisa membuat kerja sistem pencernaan menjadi lebih baik.
5.Menurunkan berat badan
Nah, ini salah satu pilihan buat kamu yang ingin membuat berat badan menjadi ideal. Mengunyah permen karet bisa jadi cara untuk menurunkan berat badan secara efektif. Kegiatan mengunyah permen karet bisa mengontrol rasa lapar dan membantu membakar lebih banyak kalori. Tapi, perhatikan permen karet yang kamu konsumsi, ya, sob. Pilih yang bebas gula.
6.Manfaat kecantikan
Sobat Nida yang sholihah, ternyata mengunyah permen karet bisa membuat wajah terlihat segar, lho. Karena menurut penelitian, mengunyah permen karet selama 15 menit sehari bisa memperlancar aliran darah di bagian wajah.
Hasil gambar untuk dampak permen karet
Sisi Buruknya:
1.Menurunkan konsumsi buah
Menurut penelitian, rasa mint yang ada pada permen karet bisa menurunkan konsumsi buah dan sayur. Itu bisa terjadi, sob, karena rasa mint pada permen karet membuat lidah terasa pahit. Nah, lidah yang terasa pahit ternyata bisa memancing kamu untuk mengonsumsi makanan yang rasanya kuat seperti junk food. 
2.Bikin kembung
Mengunyah permen karet bisa membuat udara tertelan lebih banyak. Akibatnya, kamu bisa terserang irritable bowel syndrome, yaitu munculnya sakit perut dan kembung.
3.Menyebabkan diare
Pemanis buatan yang terkandung dalam permen karet, yaitu sorbitol dan manitol bisa menyebabkan diare pada orang sehat. Selain itu, gula pada permen karet juga bisa menyebabkan kerusakan gigi.
4.Keseringan bisa nyeri rahang
Menurut dokter gigi di California, terlalu sering mengunyah permen karet bisa menyebabkan nyeri pada rahang. Selain itu, aktivitas mengunyah permen karet juga bisa memicu sakit kepala, leher, telinga, dan gigi. 
5.Merusak pertumbuhan tulang
Remaja yang suka banget mengunyah permen karet ternyata berakibat nggak baik, sob. Karena kegiatan mengunyah yang berlebihan bisa mengganggu pertumbuhan tulang rahang dan otot wajah. Akibatnya, masa pertumbuhan wajah terganggu dan bikin wajah terlihat lebih besar.
Nah, buat kamu yang sudah addicted dengan kebiasaan mengunyah permen karet bisa menggantinya dengan memakan apel. Selain mengurangi kebiasaan mengunyah permen karet, apel juga baik untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Dampak Baik & Buruk Mengunyah Permen Karet"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top