Powered by Blogger.

Avenged Sevenfold-Dear God

Buah Yang Berbahaya Dikonsumsi Ibu Hamil

Ada beberapa buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama ibu hamil muda, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Beberapa di antaranya dapat menyebabkan keguguran dan ketidaknyamanan pada rahim.
Berikut ini beberapa buah yang berbahaya dikonsumsi ibu hamil:
1. Buah Durian
Hasil gambar untuk buah durian
Pernah mengonsumsi durian saat hamil? Biasanya sangat cepat sekali akan merasa pusing dan 'mabuk'.
Durian mempunyai sifat panas ketika berada di dalam perut dan mengandung alkohol. Orang yang tidak hamil jika menyantap durian berlebih akan merasakan efek alkohol berupa rasa pusing. Kondisi tersebut dikarenakan kandungan alkohol di dalam buah durian.
Kandungan lainnya adalah asam arachidonat yang merupakan senyawa kimia pemicu terbentuknya prostaglandin. Sedangkan prostaglandin merupakan senyawa yang bisa merangsang kontraksi pada rahim. Sehingga dapat menimbulkan dampak buruk berupa keguguran janin.
Ancaman ini biasanya dialami saat kehamilan berada di trimester pertama atau bayi prematur dengan usia kehamilan kurang dari 36 minggu. 

2. Pepaya mentah
Hasil gambar untuk buah pepaya mentah
Biasanya ada yang menggunakan pepaya mentah atau setengah matang untuk rujak maupun sayur lontong. Sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsinya.
Pepaya yang belum matang mengandung lateks atau getah yang bisa merangsang kontraksi pada rahim. Pepaya mentah ini harus dijauhkan dari menu makanan ibu hamil terutama setelah kandungan memasuki trimester ketiga.
Tapi ibu hamil tetap boleh menyantap buah pepaya yang sudah matang. Karena kandungan gizinya sangat baik bagi ibu dan janin yang dikandungnya. 
Buah ini kaya akan kandungan serat, mineral, vitamin C dan nutrisi sehat lainnya. Kandungan pepaya bisa mencegah keluhan kesehatan saat kehamilan, seperti sembelit dan perut mulas.

3. Buah Nanas
Hasil gambar untuk buah nanas
Buah nanas mengandung zat bromelain yang sangat tinggi. Zat ini bisa memicu pelunakan pada leher rahim dan kondisi ini bisa menyebabkan kelahiran prematur atau persalinan dini. 
Konsumsi nanas dalam jumlah sedang sudah bisa memicu dampak negatif ini, apalagi ibu hamil menyantapnya secara berlebihan. Jadi sebaiknya buah ini tidak dikonsumsi sama sekali saat sedang hamil.

4. Buah Delima
Hasil gambar untuk buah delima
Makanan penyebab keguguran kandungan adalah jenis buah delima. Namun demikian, bukan berarti kita akan langsung keguguran saat pertama kali minum jus atau makan buah delima. 
Buah delima bisa menyebabkan keguguran saat dikonsumsi secara berlebihan. Diketahui saat seorang ibu hamil mengonsumsi buah delima dalam jumlah berlebihan, maka sang ibu akan merasakan kontraksi pada rahimnya dan tentu sangat berpotensi mengalami keguguran. Dan perlu diketahui bahwa sebenarnya biji buah delima adalah yang paling berbahaya untuk ibu hamil.

5. Buah Anggur
Hasil gambar untuk buah anggur
Bila dikonsumsi terlalu banyak, gula yang terdapat dalam buah anggur akan sangat mudah terfermentasi di dalam lambung sehingga ia berubah menjadi alkohol. 
Seperti diketahui bahwa efek negatif alkohol bagi ibu hamil sangat banyak. Alkohol dapat menyebabkan suhu rahim meningkat dan menghambat pertumbuhan janin karena panasnya. Oleh karenanya, meski buah anggur memiliki begitu banyak vitamin, ketika hamil lebih baik dihindari.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Buah Yang Berbahaya Dikonsumsi Ibu Hamil"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top