Powered by Blogger.

Avenged Sevenfold-Dear God

Hal-Hal Sepele Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Kenyataannya hidup sehat merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia setiap hari. Karena dengan kita sehat maka hidup ini akan lebih berarti. Tetapi, anda harus berhati-hati terhadap beberapa kegiatan yang menurut kita sepele dan ternyata dapat merusak kesehatan kita.
1. Mendengarkan Musik Lewat Earphone
Anda suka mendengarkan musik lewat earphone? Waspadalah, Terlalu sering mendengar bunyi keras atau suara bising dalam tempo lama dan terjadi tiap hari bisa mengganggu pendengaran anda. Kebiasaan mendengar musik dengan earphone dengan volume tinggi (di atas 100 desibel), dan lebih dari satu jam/hari dalam jangka minimal 5 tahun, akan membawa risiko gangguan pendengaran permanen.Saat ini, 50-100 juta orang diperkirakan aktif mendengar musik melalui earphone setiap harinya. Berdasarkan penelitian, sebagian besar mereka menyetel volume hingga di atas 89 desibel (sekitar volume 90 %) untuk mengimbangi kebisingan lalu lintas. Gangguan pendengaran karena bising merupakan gangguan pendengaran tipe saraf (tuli sensorineural) akibat kerusakan koklea atau saraf sensoris.
2. Celana Ketat
Beberapa tahun terakhir ini, fashion celana jeans ketat (model pensil) menjadi tren di kalangan anak muda. Bahkan, artis papan atas Indonesia seperti The Changcuters pun menjadi salah satu pecinta celana jenis ini. Tak tanggung-tanggung, celana ini bukan sekedar ketat, tapi juga menempel seolah menjadi kulit kedua bagi pemakainya. Memang tak terhitung banyaknya pengguna celana jeans ketat. Tapi, mungkin hanya sedikit orang yang mengerti efek negatif memakai celana jenis ketat. Menurut dr. Ryan Thamrin, penggunaan celana jeans ketat pada wanita akan menimbulkan masalah. Seperti Menimbulkan rasa panas di bagian organ kewanitaan dan memicu produksi keringat yang cukup banyak dan Sirkulasi udara di daerah kewanitaan juga terganggu akibat bahan yang tebal itu.
3. Menaruh Dompet di Saku Belakang Celana
Anda biasa meletakkan dompet di saku belakang celana? Waspadalah, Kebiasaan itu ternyata bisa mempengaruhi saraf-saraf yang ada di tubuh. Para ahli mengungkapkan bahwa orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana akan memiliki risiko merusak saraf-saraf kunci. Kondisi ini sudah menjadi sangat umum di masyarakat hingga dijuluki dengan nama hip-pocket syndrome atau wallet-neuropathy. Laki-laki yang selalu meletakkan dompet di saku belakangnya adalah kelompok yang paling berisiko terkena kondisi ini.Dompet akan menekan saraf-saraf di tubuh baik pada saat orang mengemudi atau ketika duduk di tempat kerja.
4. Membunyikan Tulang Leher/Badan Lainnya
Memutar kepala setelah dipijat atau saat leher terasa pegal memang sangat menyenangkan. Kepala merasa lebih enteng dan rasa sakit yang ada di kepala apakah itu pusing atau sakit kepala, umumnya segera hilang setelah terdengar bunyi tersebut.Padahal, kebiasaan itu mempunyai akibat sampingan yang cukup berbahaya. Salah satunya, syaraf bisa terjepit di sela-sela tulang ekor leher. Bila salah urat syaraf terjepit di antara tulang ekor leher. Maka, efeknya bisa bemacam-macam, tergantung dari jaringan saraf itu menuju ke mana. Tapi, pada umumnya, akan mengakibatkan organ tubuh seperti kaki dan tangan sulit dikomando oleh otak. Orang yang mengalami hal tersebut, biasanya berjalan seperti robot.
5. Mandi malam hari
“Tidak masalah, selama kondisi tubuh sehat dan tidak ada penyakit rematik, jantung dan asma,” ujarnya.Bagi penderita penyakit rematik memang tidak dianjurkan untuk mandi malam hari, karena dengan semakin dinginnya tubuh dan sendi akan membuat sendi-sendi yang terkena rematik menjadi kaku sehingga akan timbul rasa sakit yang kita kenal sebagai serangan rematik. “Makanya jika bisa mandi lebih pagi kenapa harus selalu mandi di malam hari, agar tubuh jadi tidak kedinginan. Untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan,” ujar lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada UGM) ini.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hal-Hal Sepele Yang Berbahaya Bagi Kesehatan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top